× Home Polling Quiz Dictionary Login
Avatar

Cara Unik untuk Kaya

January 11, 2020 Buku 185 Views


Judul buku: Nabung Saham Sekarang
Pengarang:Ellen May
Penerbit:PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun:2017
Kota:Jakarta
Harga buku:Rp.83.000
ISBN:9786020374819

Ellen May, wanita kelahiran 1983 dan ibu dua anak, mulai terjun dalam dunia trading pada tahun 2006. Ketertarikannya pada dunia trading dimulai dengan instrumen trading saham. Sebagaimana trader pemulai lainnya, keuntungan yang luar biasa pada tahun 2006-2007 membuatnya mengalami sebuah euforia atau rasa senang yang luar biasa.
Tidak berhenti di situ , ia juga tergerak untuk mengedukasi rekan-rekan trader dan pembaca bukunya dalam pelatihan-pelatihan saham di berbagai kota. Untuk informasi pelatihan saham, Anda bisa menghubungi: seminar.ellen@gmail.com .
Sempat berhenti trading selama beberapa bulan, Ellen terus mengasah kemampuannya dengan belajar dari buku-buku impor, serta kepada beberapa ahli yang kompeten di bidangnya baik dari dalam maupun luar negri, hingga akhirnya ia menemukan sebuah sistem yang sangat profitable untuk trading dalam saham, forex, komoditas, dan futures. Lebih dari itu, ia menemukan bahwa rahasia sukses trading bukan terletak pada sistem yang bagus saja, namun juga pada pengendalian psikologi trading.
Merasa apa yang ia pelajari bermanfaat, Ellen memutuskan untuk membagikan ilmunya kepada semua trader di Indonesia melalui buku We Are Traders Not Gamblers yang menjadi best seller dalam 3 bulan sejak pertama kali diterbitkan.
Jika pada tahun 2006-2007 ia memperoleh keuntungan yang spektakuler, lain halnya dengan tahun 2008 di mana krisis ekonomi melanda dunia. Ia mengalami dampak pahit dari krisis tersebut dan mengalami kerugian yang cukup besar. Tahun 2008 itulah yang kemudian menjadi titik balik dari perjalanan trading seorang Ellen May.
Dikutip dari: https://www.ellen-may.com/
Sesuai judul bukunya, Ellen, pakar dan mentor saham berpengalaman sekaligus pendiri Ellen May Institute, memaparkan bagaimana mudahnya beternak saham mulai dari modal kecil sekalipun. Ia juga mengilustrasikan, dengan uang yang sama akan memperoleh hasil yang jauh berbeda antara menabung saham dan menabung di bank atau produk investasi lainnya. Paparan yang dituangkan secara runtut dalam buku ini terbagi ke dalam 7 Bab, diawalai dengan bab I The Totasl Life Freedom for You yang mengantarkan buku ini dengan ilustrasi yang membedakan orang miskin dan orang kaya.
Di Bab 2 Ellen May mengajari kita tentang apa itu saham dan memberikan Prinsip yang dipakai oleh Warrent Buffeet (info: https://en.wikipedia.org/wiki/Warren_Buffett). Di bab ini juga dikupas berbagai kelebihan mengapa kita memilih investasi dalam bentuk saham.<br />
Bab 3 merupakan inti dari buku ini tentang menabung saham, dikupas tuntas tentang cara berinvestasi saham dengan sistem menabung yang disambung kemudian di bab 4 perbandingan antara menabung saham dan dana reksa. Karena dana reksa masih dalam kelompok portfolio investasi yang menjadi alas an kenapa tidak dibahas dalam bab 2 ketika membandingkan investasi saham dengan investasi lainnya (dugaan saya) Dibaba-bab selanjutnya dibahas strategi dalam investasi saham, termasuk cara mitigasi risiko kerugian dan di bab terakhir yang tak kalah penting adalah Simple steps to start

  • Memilih sekuritas
  • Mendaftar dan membuka rekening
  • Mentukan Nominal
  • Tentukan saham yang dipilih
  • Kapan menjualnya

Kelebihan dari buku ini tidak sekedar pemaparan teori tentang investasi saham namun banyak ilustrasi untuk mempermudah pemahaman dengan ilustrasi nyata, Nah... tinggal kita yang membuat keputusan untuk memulai langkah kecil untuk sesuatu yang lebih besar<br />
"si kaya tidak sekedar bekerja keras, dia menjadi semakin kaya dengan memiliki tujuan, berani mengambil risiko dan cerdas mengelolanya, memperjuangkan tujuannya hari demi hari dan tidak menyerah"